Peringati Hari Kartini, HMJ SPI IAIN Palu Laksanakan Diskusi Daring


PALU – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Palu menginisiasi diskusi daring, Selasa (21/4/2020). Diskusi daring ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Diskusi daring ini mengambil tema Kiprah Perempuan di Tengah Pandemi Covid-19. Ketua Umum HMJ SPI IAIN Palu, Iin Dzulfaidzah mengatakan, tema ini sengaja diambil, untuk melihat bagaimana perempuan milenial di masa pandemi ini, dapat lebih produktif dalam berkarya, dan tidak terjebak dalam kemalasan akibat kurangnya aktivitas.


Diskusi ini menghadirkan dosen Jurusan Ilmu Sejarah Universitas Haluoleo, Kendari, Fatma Saudo, S.Pd, MA. Dalam pemaparannya, Fatma menjelaskan, perempuan adalah garda terdepan peradaban. Di Indonesia misalnya kata dia, kita mengenal sosok R.A. Kartini yang menjadi sosok teladan bagi kaum perempuan Indonesia.

“Kartini berani mendobrak kebiasaan dan adat Jawa, yang membatasi ruang kaum perempuan. Kita semua bisa menjadi Kartini muda di tengah pandemi yang telah melanda negeri kita saat ini,” ujarnya.

Lanjut Fatma, kaum perempuan di era milenial saat ini, terutama di masa pademi Covid-19 ini, dapat berkontribusi melalui beberapa hal. Pertama, dengan terus memberikan semangat pemikiran positif kepada lingkungan sekitar kita, masyarakat, bangsa dan negara. Kedua, membuat langkah nyata untuk terlibat aktif membantu masyarakt yang terdampak.

Ketiga, keluar dari zona nyaman kita semua, dengan memberikan sumbangsih kepada masyarakat, walapun hanya sekedar gerakan kecil, yakni memberikan edukasi kepada masyarakat akan arti penting untuk tetap tinggal di rumah, menjaga jarak, mengunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga pola hidup sehat. Keempat, menjadi perempuan yang membawa harapan masyarakat di tengah pndemi Covid-19.

Ketua Umum HMJ SPI IAIN Palu, Iin Dzulfaidzah mengatakan, diskusi ini merupakan bagian dari program kerja HMJ SPI IAIN Palu, yakni diskusi mingguan, yang telah diprogramkan di kepengurusannya. Dirinya mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya tetap berupaya menjaga budaya literasi di kalangan mahasiswa, agar walaupun mengikuti imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah saja, mahasiswa tetap mengikuti perkembangan terbaru soal pandemi ini.

Diskusi ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan SPI, namun juga jurusan lainnya di IAIN Palu, bahkan mahasiswa di perguruan tinggi di luar IAIN Palu, dan kalangan umum. JEF    

Komentar

Postingan Populer