HMJ SPI IAIN Palu Inisiasi Diskusi Peringati Hari Lahir Pancasila

PALU- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Palu, menginisiasi sebuah seminar daring, Senin (1/6/2020). Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, yang diperingati setiap 1 Juni.

Seminar ini menghadirkan Sekretaris Jenderal Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah se-Indonesia (IKAHIMSI) periode 2011-2013, Sarifudin bin Lakuma, sebagai pemantik diskusi. Dalam pemaparannya, Unang, sapaan akrabnya, membahas mengenai tema seminar, yakni Pancasila di Mata MIlenial.

Unang antara lain, membahas mengenai bagaimana generasi milenial memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila. Dirinya menjelaskan, nilai-nilai seperti ketuhanan, keberagaman, kemanusiaan, toleransi, persatuan, gotong royong, serta keadilan sosial, penting untuk dimaknai oleh generasi milenial, untuk lebih menguatkan rasa cinta tanah air.

Menurut Unang, lima sila ini masih ideal dan relevan di era saat ini, dan nilai-nilainya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Generasi milenial kata dia, di era teknologi informasi seperti ini, punya tugas untuk membumikan nilai-nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua HMJ SPI IAIN Palu, Iin Dzulfaidzah mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat memantik nalar dan daya kritis mahasiswa, khususnya dalam menyikapi fenomena-fenomena sosial kemasyarakatan seperti saat ini. Menurutnya, walaupun dunia perguruan tinggi merupakan salah satu yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19, namun hal ini bukan menjadi alasan untuk berhenti belajar dan menginisiasi forum-forum ilmiah, dengan tujuan memberikan perspektif baru terhadap fenomena sosial yang ada.

Seminar daring ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang, seperti dosen, mahasiswa, pegiat komunitas, hingga kalangan umum. JEF

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer